Headlines News :

Label 1

Sponsor

Home » » Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan






Candi Gambar wetan terletak di Desa Gambar, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Kronogram terkait candi ini terpahat pada arca dwarapala dan menunjukkan kurun waktu 1410 – 1238 M (antara masa pemerintahan Wikramawardana dan Suhita).


Secara umum Candi Gambar Wetan dibagi menjadi tiga teras. Pada teras pertama dapat dijumpai dua buah arca dwarapala. Pada teras kedua dijumpai pula arca dwarapala lain serta reruntuhan batu candi. Sedangkan candi induk terletak pada teras ketiga. Pada candi induk Gambar Wetan tersebut terpahat relief yang mengisahkan legenda calon arang.



Candi Gambar Wetan dibangun sebagai tempat peristirahatan Hayam Wuruk (1359-1389 M) saat melakukan kunjungan ke Gunung Kelud. Adapun kronogram yang menujukan periode yang lebih muda, mungkin saja merupakan suatu bentuk legitimasi dari raja-raja selanjutnya, sebab hal serupa pernah dilakukan oleh Jayanegara untuk meresmikan Candi Penataran sebagai candi negara.




Meskipun telah runtuh, Candi Gambar Wetan tetap memberikan daya tarik tersendiri. Letaknya  yang eksotis menyuguhkan panorama alam yang indah. Bagaimana tidak?  Dari atas bukit Candi Gambar Wetan kami dapat menikmati indahnya aliaran sungai lahar Gunung Kelud. Satu lagi nilai plus untuk area candi ini adalah kebersihan dan kerapian taman  di sekitarnya yang sangat terjaga.

Sumber:
http://travellers2009.wordpress.com/2009/11/14/sebuah-janji-di-candi-gambar-wetan/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

MADU LANCENG 100% ASLI

MADU HUTAN RIMBA ASLI

MADU ASLI MURNI ALAMI


Arsip Blog

Total Tayangan Laman

 
Support : PULSA TERMURAH | FDSINFO | PUSAT PULSA TERMURAH
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. BLITARVAGANZA - All Rights Reserved